Selasa, 28 Agustus 2012

Tips dan Trik untuk Melindungi microsoft windows dari serangan virus


Sejalan dengan perkembangan sistem tehnologi, perkembangan virus pun semakin agresif. Tidak sedikit dalam tiap harinya virus virus baru yang merusak sistem terus bermunculan secara sporadis. Di samping itu, cara penularannya pun sangat mudah. dengan banyaknya virus yang bermunculan tersebut tidak mungkin seorang ahli dalam bidang anti virus dapat meng-update software anti virusnya setiap hari. Untuk itu demi keamanan sistem microsoft windows kita yang kita gunakan diperlukan beberapa perlindungan. Berikut langkah-langkan melindungi sistem Ms windows kita:
Backuplah semua file secara teratur. Membackup data ini untuk menghindari hilangnya file kita yang kemungkinan dapat dirusak atau dihapus oleh virus. Backuplah data anda secara berkala. Backup bisa anda simpan ke Compact Disc atau uploadlah file anda ke tempat hosting gratis seperti ziddu, 4shared Upload dan tempat hosting lainnya. Selain itu aturlah file anda dengan memisahkan antara file sistem dan file pribadi. Sehingga jika hardware anda terpaksa di format maka file penting anda tidak terhapus. Anda bisa mempartisi hardisc anda dengan pembagian Drive C, Drive D, Drive E. Gunakanlah Drive D dan E untuk data pribadi anda, sedangkan Drive C gunakan untuk menyimpan file sistem.
  • Anda harus tau cara menginstall ulang sistem anda. Dalam menginstall terkadang anda bisa gagal dikarenakan oleh virus yang bandel. Jika anda mengalami hal tersebut maka anda terpaksa menformat hardisk anda. Oleh karenanya backup seperti yang saya jelaskan pada langkah sebelumnya sanngat penting untuk keselamatan data anda.
  • Jika komputer anda terhubung ke internet, lindungi koneksi anda dengan firewall. Firewall merupakan software yang bisa mem-block koneksi yang dicurigai dapat merusak sistem. Anda dapat melakukan langka sebagai berikut, klik start menu kemudian pilih conrol panel. Klik kanan pada koneksi yang ingin anda aktifkan firewallnya dan plihlah propertise. Pada tab advanced centanglah Protect my computer and network.
  • Gunakanlah software antivirus. Jika virus yang merusak komputer anda termasuk virus yang tidak anda kenal cobalah berbagai anti virus. Namun jika virus tersebut tergolong baru, cobalah anda melaporkan kepada perusahaan anti virus yang anda gunakan dengan cara mengirim beberapa file yang diperkirakan terinfeksi virus.
  • Gunakanlah software anti spam. Karena virus biasanya didistribusikan melalui e-mail. Dengan sofware tersebut anda akan mengetahui e-mail yang mengandung konten penipuan. Namun jika anda menggunakan gmail, google telah menyiapkan anti spam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes